Sunday 22 September 2013

KEBANGGAAN SEBAGAI BANGSA INDONESIA



KEBANGGAAN SEBAGAI BANGSA INDONESIA
Bangga sebagai bangsa dan bertanah air Indonesia adalah merasa besar hati atau merasa berbesar jiwa atau merasa gagah menjadi bangsa Indonesia. konsekuensinya kalau kita merasa bangga sebagai bangsa Indonesia akan selalu berupaya menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara, dimana pun kita berada. Kita juga akan selalu meningkatkan citra dan nama baik Indonesia melalui perbuatan-perbuatan nyata di masyarakat. Bangsa Indonesia mempunyai berbagai keunggulan. Keunggulan-keunggulan yang dimiliki bangsa Indonesia, diantaranya adalah berikut ini.
1.      Jumlah dan potensi penduduknya yang cukup besar, yaitu menempati urutan keempat di dunia setelah RRC, India, dan Amerika Serikat.
2.      Memiliki keanekaragaman dalam berbagai aspek kehidupan sosial budaya, seperti adat istiadat, bahasa, agama, kesenian dan sebagainya.
3.      Dalam pengembangan wilayah, kita mempunyai konsep Wawasan Nusantara sehingga sekalipun terdapat berbagai keanekaragaman namun prinsipnya kita tetap satu pandangan.
4.      Semangat Sumpah Pemuda yang selalu merasuki jiwa dan kalbu bangsa Indonesia.
5.      Memiliki tatakrama atau keramahan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain, sehingga sangat menarik bangsa-bangsa lain di dunia untuk datang ke Indonesia.
6.      Letak wilayahnya yang amat strategis, yaitu di posisi silang dunia sehingga membuat negara Indonesia menjadi wilayah yang amat ramai dan mudah disinggahi oleh bangsa-bangsa lain.
7.      Keindahan alam Indonesia tidak disangsikan lagi. Keanekaragaman flora dan faunanya membuat bangsa Indonesia juga sering dikunjungi oleh bangsa-bangsa lain.
8.      Salah satu keajaiban dunia juga ada di Indonesia, yaitu Candi Borobudur.
9.      Wilayahnya sangat luas.
10.  Tanahnya amat subur dan kaya akan sumber alam.
11.  Matahari dapat bersinar sepanjang hari.
12.  Adanya tekad yang dikemukakan oleh para pemuka agama yang menyatakan bahwa para pemuka agama, ulama dan rohaniwan mempertegas kembali komitmennya terhadap wawasan kebangsaan untuk hidup bersama tanpa membedakan identitas etnik, agama dan kebudayaan lokal.
Selain hal-hal di atas yang merupakan kondisi objektif bangsa Indonesia maka secara internasional atau mendunia, bangsa Indonesia juga sudah beberapa kali dipercaya oleh bangsa-bangsa lain untuk menyelenggarakan pertemuan-pertemuan yang bersifat internasional. Kita juga mempunyai pabrik pesawat terbang yang bernama PT. Dirgantara Indonesia yang telah menghasilkan pesawat-pesawat yang bisa dibanggakan karena kualitasnya diakui dunia. Dalam dunia olah raga, bangsa Indonesia mempunyai atlet-atlet kelas dunia. Sebagai bukti rasa cinta dan bangga yang sangat mendalam tehadap wilayah tanah air, banyak di antara seniman-seniaman kita yang merefleksikannya dalam bentuk syair ataupun lagu. Seperti lagu “Rayuan Pulau Kelapa” karya Ismail Marzuki, dan ada beberapa lagu karya Koes Plus yang diberi Judul Nusantara dan Kolam Susu yang menggambarkan betapa indah dan suburnya
Semuanya itu sudah barang tentu merupakan alasan yang sangat objektif untuk menjadikan kita merasa bangga sebagai bangsa Indonesia. namun hal tersebut bukan hanya sekadar menjadi retorika belaka, tetapi harus dibuktikan dengan karya-karya nyata, baik dalam bentuk partisipasi dalam pembangunan ataupun dalam pembangunan ataupun dalam bentuk karya-karya yang dihasilkannya.
Beberapa alasan yang menyebabkan kita harus bangga sebagai bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:
1.      kita mendirikan bangsa ini dengan perjuangan sendiri yang didukung oleh kecerdasan, keberanian, dan kerelaan berkorban Dengan darah dan air mata, serta semangat menyatukan segala perbedaan, kita berhasil mengumandangkan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945 dan mengusir penjajah dari tanah air yang kita cintai ini. Kita adalah bangsa pejuang.
2.      kita patut bangga dengan karunia yang telahkan dilimpahkan Tuhan kepada bangsa ini, baik berupa kekayaan budaya dan kekayaan alamnya. Bangsa kita terdiri atas lebih dari 900 suku bangsa, 400 lebih bahasa daerah dan dialek dengan warisan adat istiadat, cara hidup dan kearifan masing-masing. Ada bermacam-macam upacara budaya, busana, tarian, musik, dan seni tradisional lainnya, serta berbagai makanan khas daerah. Berbagai karya budaya kita seperti wayang, keris, batik, angklung, dan tari saman serta banyak lagi kebudayaan lain telah diakui oleh organisasi dunia, UNESCO, sebagai warisan budaya dunia tak benda. Negeri kita adalah negeri kepulauan yang sungguh indah dengan lebih dari 17.500 pulau dengan panjang tidak kurang dari 5.000 kilometer yang terbentang dari Timur ke Barat. Kita memiliki pantai terpanjang dan terindah. Tidak banyak bangsa dan negara lain yang mendapat karunia Tuhan seperti ini. Kita patut bangga dan tentu tidak lupa bersyukur menjadi bangsa terpilih untuk mendapatkan karunia yang amat berharga ini
3.      Bangsa kita berasal dari peradapan yang tinggi. Kita memiliki banyak sekali warisan benda cagar budaya, termasuk candi dan situs bersejarah lainnya. Candi dan situs yang tersebar di seluruh nusantara ini adalah bukti bahwa sejak dulu, bangsa ini telah memiliki peradaban yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain. Kita memiliki catatan sejarang tentang kejayaan Sriwijaya, Majapahit, dan kerajaan-kerajaan besar lainnya yang pernah ada di kepulauan Indonesia dan pada masanya amat dikenak seta disegani oleh bangsa bangsa lain.

Oleh sebab itu janganlah kita silau memandang semua yang serba asing. Apalagi mengagung-agungkan kehebatan bangsa lain. Yang asing belum tentu lebih baik dari apa yang sudah kita miliki. Kita harus memandang bahwa bangsa kita berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan bangsa bangsa lain. Kita memiliki banyak hal yang baik-baik yang belum tentu dimiliki oleh bangsa lain.
Oleh karena itu pula, jangan pernah menjelek-jelekkan bangsa sendiri, sebuah kebiasaan yang buruk yang jelas-jelas akan menghambat kemajuan kita semua sebagai bangsa. Semua bangsa memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan biarkan ada orang yang merendahkan martabat bangsa kita di mana pun dan kapan pun kita berada.
Rasa bangga atas bangsa ini adalah perwujudan rasa nasionalisme kita. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan dan bisa membanggakannya. Seluruh capaian prestasi bangsa ini, baik yang terburuk sekalipun maupun yang terbaik, haruslah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan berbangsa yaitu bangsa Indonesia yang harus kita terima dengan lapang dada. Apapun prestasi bangsa ini kita harus tetaplah bangga. Apapun yang terjadi dengan negeri ini, sepatutnya kita harus bangga dan mensyukurinya sebagai perwujudan rasa nasionalisme atas negeri tercinta ini. Nasionalisme senantiasa identik dengan kesetiaan dan solidaritas yang kuat dari para warganya. Rasa nasionalisme yang tinggi akan membawa kita menjadi peribadi bangsa yang lebih baik dengan tetap bangga atas kondisi dan prestasi bangsa ini.
DAFTAR PUSTAKA
l

3 comments:

  1. Bagus sangat membantu pembelajaran

    ReplyDelete
  2. Pembahasan yang sangat bagus ini Pak supaya bangsa kita segera kembali ke jatidiri bangsanya.

    ReplyDelete
  3. Terimakasing sudah membantuku pak

    ReplyDelete