Thursday 4 September 2014

Keterampilan Menjelaskan Pelajaran ( Explaining)



5.      Keterampilan Menjelaskan Pelajaran ( Explaining)
Pada umumnya memberi penjelasan adalah penyajian informasi secara lisan yang dikelola secara sistematis untuk menunjukan adanya hubungan antara satu dengan yang lainnya. Keterampilan menjelaskan adalah suatu keterampilan menyajikan bahan belajar yang diorganisasikan secara sistematis sebagai suatu kesatuan yang berarti, sehingga mudah dipahami para peserta didik. Ciri utama keterampilan menjelaskan ialah penyampaian informasi yang terencana dengan baik, disajikan dengan benar, serta urutan yang cocok.
Beberapa alasan mengapa keterampilan menjelaskan perlu dikuasai, antara lain :
1)      Pada umumnya intraksi komunikasi lisan di kelas didominasi oleh guru
2)      Sebagian besar  kegiatan guru adalah informasi. Untuk itu efektivitas pembicaraan perlu ditingkatkan.
3)      Menjelaskan yang dibeikan guru dan yang ada dalam  buku sebab dalam buku sering kurang dipahami peserta didik
4)      Informasi yang diperoleh siswa agak terbatas

Komponen-komponen yang harus diperhatikan dalam penjelasan adalah:
1.      Merencakan pesan yang sampaikan
2.      Menggunakan contoh-contoh
3.      Memberikan penjelasan yang paling penting
4.      Mengajukan pertayaan kepada peserta didik tentang materi yang belum dipahami
T. Gilarso juga menyebutkan bahwa komponen penjelasan itu terkait dengan orientasi, bahasa yang sederhana, contoh yang banyak dan relevan, memiliki struktur yang jelas, bervariasi dalam menjelaskan, latihan dan umpan balik. Tujuan akhir dalam keterampilan memberi penjelasan adalah guru tidak hanya megajarkan pengetahuan tentang sesuatu, tetapi sekaligus melatih peserta didik dalam proses dan teknik berfikir. Isi penjelasan terkait dengan perencanaan dan pelaksanaan. Langkah-langkah dalam menjelaskan menurut Wardani (1984) mengemukakan bahwa prinsip-prinsip penjelasan perlu dipahami antara lain:
a)      penjelasan dapat diberikan di awal, di tengah atau di akhir
b)      penjelasan harus relevan dengan tujuan
c)      guru dapat memberikan penjelasan bila ada pertanyaan siswa atau dirancang guru sebelumnya
d)     penjelasan itu materinya harus bermakna bagi siswa
e)      penjelasan harus sesuai dengan latar belakang dan kemampuan siswa

No comments:

Post a Comment