5. Keterampilan
Menjelaskan Pelajaran ( Explaining)
Pada umumnya memberi penjelasan adalah penyajian informasi
secara lisan yang dikelola secara sistematis untuk menunjukan adanya hubungan
antara satu dengan yang lainnya. Keterampilan
menjelaskan adalah suatu keterampilan menyajikan bahan belajar yang
diorganisasikan secara sistematis sebagai suatu kesatuan yang berarti, sehingga
mudah dipahami para peserta didik. Ciri utama keterampilan menjelaskan ialah penyampaian
informasi yang terencana dengan baik, disajikan dengan benar, serta urutan yang
cocok.
Beberapa alasan mengapa keterampilan menjelaskan perlu
dikuasai, antara lain :
1)
Pada
umumnya intraksi komunikasi lisan di kelas didominasi oleh guru
2)
Sebagian
besar kegiatan guru adalah informasi. Untuk itu efektivitas
pembicaraan perlu ditingkatkan.
3)
Menjelaskan
yang dibeikan guru dan yang ada dalam buku sebab dalam buku sering
kurang dipahami peserta didik
4)
Informasi
yang diperoleh siswa agak terbatas
Komponen-komponen yang harus diperhatikan dalam penjelasan
adalah:
1. Merencakan pesan yang sampaikan
2. Menggunakan contoh-contoh
3. Memberikan penjelasan yang paling
penting
4. Mengajukan pertayaan kepada peserta
didik tentang materi yang belum dipahami
T.
Gilarso juga menyebutkan bahwa komponen penjelasan itu terkait dengan
orientasi, bahasa yang sederhana, contoh yang banyak dan relevan, memiliki
struktur yang jelas, bervariasi dalam menjelaskan, latihan dan umpan balik.
Tujuan akhir dalam keterampilan memberi penjelasan adalah guru tidak hanya
megajarkan pengetahuan tentang sesuatu, tetapi sekaligus melatih peserta didik
dalam proses dan teknik berfikir. Isi penjelasan terkait dengan perencanaan dan
pelaksanaan. Langkah-langkah dalam menjelaskan menurut Wardani (1984)
mengemukakan bahwa prinsip-prinsip penjelasan perlu dipahami antara lain:
a) penjelasan
dapat diberikan di awal, di tengah atau di akhir
b) penjelasan
harus relevan dengan tujuan
c) guru
dapat memberikan penjelasan bila ada pertanyaan siswa atau dirancang guru
sebelumnya
d) penjelasan
itu materinya harus bermakna bagi siswa
e) penjelasan
harus sesuai dengan latar belakang dan kemampuan siswa
No comments:
Post a Comment