Thursday 26 April 2012

Komponen-Komponen Kehidupan yang Baik


Komponen-Komponen Kehidupan yang Baik

A.    Prinsip Dasar  Hidup yang Baik
Agar hidup kita bahagia, perlu kita miliki beberapa prinsip hidup:
1.      Menempatkan rasa aman dan harapan pada Tuhan.
2.      Kita harus memilki sasaran yang tepat dalam hidup.
3.      Kita juga perlu memiliki pola pikir yang benar.
4.      Berusahalah memahami orang lain dengan menempatkan diri kita sendiri pada posisi orang yang bersangkutan
5.      Apabila dinasehati janganlah melihat oleh siapa kita dinasehati dan bagaimana orang tersebut menasehati, tetapi perhatikan apa isi nasehat dan mengapa orang menasehati (jangan siapa dan bagaimana, lihat apa dan mengapa).
6.      Waktu tidak akan pernah berhenti, maka pergunakanlah sebaik-baiknya! Proyeksikanlah kegiatan-kegiatan kita dalam rencana-rencana, karena gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan.
7.      Jangan menyakiti orang lain jika kita sendiri tidak mau disakiti. Yang hina itu bukan orang yang dihina tapi orang yang menghina.
8.      Ingat 5 perkara sebelum 5 perkara:
·         Sehat sebelum sakit;
·         Muda sebelum tua;
·         Kaya sebelum miskin;
·         Lapang sebelum sempit;
·         Hidup sebelum Mati;
9.      Nikahilah wanita karena 4 perkara:
·         karena harta bendanya,
·         keturunannya,
·         kecantikannya,
·         agamanya. Utamakanlah wanita yang taat kepada agamanya, niscaya kamu akan bahagia.
10.  Jaga jarak dengan orang/ hal-hal yang dapat mendatangkan madharat
11.  Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
12.  Dalam menjalani hidup kejarlah hal-hal yang pasti terjadi, insya Allah hal-hal yang mungkin terjadi dapat kita raih.
13.  Apabila kita menghadapi masalah yang penting dan masalah yang mendesak, selesaikanlah masalah yang mendesak terlebih dahulu, sebab hal yang penting belum tentu mendesak.
14.  Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. [Q.S. Alam Nasyrah: 5-7]
15.  Orang sukses mempunyai kebiasaan mengerjakan hal-hal yang tidak dikerjakan oleh orang-orang gagal. Mereka (orang-orang sukses) belum tentu suka mengerjakannya. Namun ketidaksukaan mereka tunduk pada kekuatan tujuan mereka.
16.  Orang yang berbakat gagal adalah orang yang mencari-cari alasan atas kegagalannya, sedangkan orang yang berbakat sukses adalah orang yang mencari alasan bagaimana bangkit dari kegagalannya.
17.  Janganlah kita melihat tokoh dalam mencari kebenaran, tetapi selamilah kebenaran itu sendiri niscaya kita akan mengetahui siapa tokoh di baliknya.
18.  Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. [QS Al-Baqarah: 216]
19.  Perumpamaan orang yang bertakwa dalam bertingkah laku adalah seperti berjalan di jalan yang lurus namun banyak duri yang berserakan.
20.  Jangan biasakan berprasangka, sebab sebagian besar prasangka adalah dusta.
21.  Dalam berusaha lihatlah orang yang nasibnya lebih bagus dari kita (orang di atas kita), namun dalam hasil lihatlah orang yang nasibnya lebih buruk dari kita (orang di bawah kita).
22.  Hiduplah sesukamu tapi engkau pasti mati; berbuatlah sesukamu tapi pasti engkau dibalas (menurut perbuatanmu itu); cintailah siapa saja tapi engkau pasti akan berpisah dengannya.

B.     Pentingnya Kehidupan yang Benar bagi Kehidupan Manusia dan Pendidikan
Dalam kehidupan manusia diperlukan pendidikan agar tercapai kehidupan yang benar dengan hal-hal yang harus dilakukan adalah:
1.      Memelihara kesucian diri baik jasmani maupun rohani
2.      Menanamkan disiplin baik terhadap diri sendiri maupun terhadap keluarga
3.      Memelihara kerapian diri sebagai memperserasikan adanya disiplin pribadi dan keharmonisan pribadi.
4.      Bersikap tenang dan tidak terburu-buru.
5.      Menjaga keutuhan dan kebulatan serta kesinambungan dalam mewujudkan pembinaan konseptual nilai-nilai dan moral dalam kehidupan sehari-hari.

3 comments:

  1. terimakasih kak sebelumnya blognya sangat membantu, saya juga mahasiswi unp jurusan pgsd, tapi bp 13..oya kak kalo boleh, bisa tlong dicantumkan daftar pustakanya kak? makasi kak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap, kebiasaan domain blogspot, sering hilap daftar pustakanya... salam UNP , saya teknik 14

      Delete
  2. Terimakasih kak ,sangat membantu saya sebagai referensi membuat tugas hehehe,izin copas kak,, Salam dari teknik mesin unp 18

    ReplyDelete